Saturday 6 June 2015

Kandungan Zat Dalam Secangkir Kopi

2. Kopi
Kopi adalah salah satu minuman yang sangat populer di dunia. Kopi berasal dari biji kopi yang kemudian ditumbuk sampai halus. Hasil Olahan dari kopi bermacam-macam mulai dari kopi hitam, kopi susu, espresso, capuccino dan lain lain. Cara menyajikan kopi juga bermacam mulai dari yang paling sederhana dengan menyeduh kopi dengan atau tanpa gula ataupun dengan mesin mesin yang khusus dibuat untuk menyeduh kopi. Pernah terpikir gak sih pertanyaan apa saja yang terkandung dalam secangkir kopi yang kita minum? berikut ini zat – zat yang terkandung dalam secangkir kopi,
  • Air
Menyeduh kopi tentunya dengan air, penikmat kopi umumnya menggunakan air panas untuk melarutkan kopi, air berfungsi untuk melarutkan minyak dan rasa yang terkandung dalam kopi. Air panas yang digunakan juga bisa menguapkan aroma kopi sehingga ketika kita sedang menuangkan atau mengaduk kopi, aroma kopi bisa tercium di kejauhan.
  • Kafein
Kafein digolongkan sebagai Zat Psikoaktif, Zat Psikoaktif bekerja dengan cara merangsang sistem pusat saraf manusia sehingga meghasilkan efek terjaga atau mengusir kantuk secara sementara efek inilah yang membuat orang terjaga lebih lama setelah minum kopi. Kafein untuk tumbuhan kopi berfungsi sebagai pestisida alami untuk serangga. Kafein dalam secangkir kopi tubruk adalah sekitar 80 mg, sementara batas mengkonsumsi kafein adalah sekitar 300mg per hari, artinya mengkonsumsi Kopi cukup 2-3 cangkir saja setiap hari.
  • Putrescine
Pernah melihat daging  yang awalnya segar kemudian membusuk? penyebabnya adalah zat putrescine. Zat ini merupakan hasil penguraian asam amino yang dilakukan oleh bakteri E. Coli. Kopi mengandung zat ini dengan kadar yang  kecil.
  • 2-Ethypenol
Zat ini menghasilkan bau khusus ketika bangun tidur (baunya mirip bau aspal), seperti tar pada rokok. 2 Ethypenol juga dikenal sebagai semcam feromon pada kecoa yang berfungsi memperingatkan kecoa dari bahaya.
  • Quinic acid
Rasa asam pada kopi disebabkan oleh zat ini. Kadar asam setiap kopi berbeda beda tergantung dari jenis kopinya. Kopi Robusta mempunyai kadar asam yang berbeda dengan jenis kopi arabica begitu juga dengan jenis kopi yang lain. Orang yang mempunyai penyakit maag dibatasi minum kopi karena asam ini. Zat ini juga digunakan sebagai bahan untuk membuat obat flu.
  • 3,5 Dicaffeoylquinic Acid
zat ini digolongkan sebagai antioksidan yang melindungi otak dari kerusakaan, salah satu manfaat minum kopi nih!
  • Dimethyl Disulfide
Zat ini jika dalam jumlah yang besar akan berbau seperti daging busuk selain itu juga zat menyebabkan kotoran kita berbau. Dimethyl Disulfide lebih banyak terkandung dalam tumbuhan kopi yang masih hijau.
  • Acetylmethylcarbino
Rasa Gurih pada kopi disebabkan oleh komponen ini. Acetylmethylcarbino juga terdapat pada mentega yang berfungsi memberikan rasa gurih, selain itu komponen ini ditambahkan ketika pembuatan popcorn untuk memberi rasa mentega. bentuknya nerupa cairan dan berwarna kuning.
  • Trigonelline
Zat ini berfungsi untuk memberikan rasa manis pada kopi dan juga membantu menjaga kondisi gigi. Zat ini melawan bakteri Streptococcus Mutans yang berperan dalam pembentukan plak pada gigi Tidak mengherankan jika orang yang rajin minum kopi mempunyai kondisi gigi yang baik.
  • Niacin
Niacin atau Niasin mempunyai beberapa efek yang baik untuk tubuh kita yaitu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dan Trigliserida akan tetapi konsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan gagal hati.

No comments:

Post a Comment